Permainan Anak Usia 12-14 Bulan

  1. Bonekaku SI Bear

Mengajak boneka miliknya sebagai teman bermain. Bila memiliki boneka beruang, panggilah si boneka dengan sebuatan Beruang. Mintalah si berunang untuk mendampingi si batita, mulai bangun tidur pagi sampai kembali tidur malam. Berbicaralah kepada si batita seolah-olah si beruang adalah sahabatnya. “ayo beruang, saatnya makan, sebaiknya makan sayur agar tubuh sehat.” Banyak ajakan lain  yang dapat dilontarkan agar si batita membangun kebiasaan positif. Dengan demikiann, melalui beoneka ini dapat disampaikan berbagai hal untuk kebaikan si batita.

  1. tarik dan Dorong

Permainan ini dapat dilakukan bersama batita awal yang sedang mengembangkan keterampilan berjalan. Gunakan benda bergerak seperti kursi ukuran anak-anak atau kotak susun plastik berisi mainan lembut. Biarkan si batita memegang salah satu sisinya yang lain agar stabil. Tariklah secara perlahan agar si batitia mendorong benda tersebut. sambil menarik benda tersebut, nyanyikan lagu-lagu sederhana untuk menciptakan suasana gembira. Ini akan membangun rasa pecaya diri si batita untuk mengembangkan keterampilannya berjalan.

  1. Keajaiban Suara

Permainan ini akan mengembangkan ketermapilan berbahasa batita. Ajak anak keluar dan perdengarkan suara burung. Selanjutnya , tirukan suara butung bersama-sama, sampaikan penjelasan bahwa butung bersarang di pohon-pohon, maka terkadang terdengar suaranya namun tidak terlihat wujudnya. Sesekali minta anak unutk menebak suara yang tiba-tiba terdengar. Kemudian, minta ia memberikan penjelasan sedikit mengenai si pemilik suara tersebut. misalnya, mendengarkan suara klakson, mintalah si batita untuk menjelaskan tentang asal suara klakson tersebut.

  1. Mari Menari

Perdengarkan lagu-lagu favorit yang bisa menginspirasi batita. Misalnya, ketika terdengar suara musik dengan irama yang keras, minta si batita melakukan gerakan yang dinamis. Ketika irama musiknya beralih ke suara yang tenang, berganti dengan gerakan lembut. Permainan ini sangat menyenangkan karena dapat mengembangkan imajinasi anak sekaligus kepekaannya terhadap irama.

Sungguh asyik dan menyenangkan ketika anak masih berumur batita. Momen inilah yang akan selalu dikenang dan dingat ketika anak sudah dewasa nanti. Dan ketika anak akan mengikuti tes bahasa Inggris tentunya berikan ia bekal melalui kursus persiapan IELTS terbaik di Jakarta.